Like Us on FacebookLike Us on Facebook

Follow Us on TwitterFollow Us on Twitter

 

Visi dan Misi

Tujuan Pembentukan P2K-STFB

Pusat Pengembangan Karir (P2K) atau Career Development Center (CDC) Sekolah Tinggi Farmasi Bandung merupakan Pusat Pelayanan Karir dan Kerja yang didirikan oleh STFB di bawah Ketua STFB. P2K-STFB bertujuan menjadi mediator antara perusahaan/instansi/industri pencari tenaga kerja dengan para mahasiswa tingkat akhir (D3, S1 & Apoteker) STFB  untuk memasuki dunia kerja.

 

PROGRAM KERJA

Ada tiga kegiatan utama yang akan dilakukan oleh P2K-STFB yaitu:

 

1.     Bidang Pengembangan Karir

Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi diri lulusan agar bisa memasuki dunia kerja sebagai tenaga siap pakai. Seminar dan pelatihan pengembangan karir diberikan secara rutin oleh praktisi dunia kerja agar lulusan bisa mendapatkan gambaran tentang persiapan kerja yang harus dilakukan. Pada kegiatan ini peran alumni STFB yang sudah bekerja untuk berbagi pengalaman di dunia kerja sangat diharapkan. Kegiatan seminar dan training dilaksanakan sekurang-kurangnya 2 kali dalam setiap tahun dikampus STFB. Kegiatan ini meliputi:

      1.  Pelatihan Softskill
      2. Sharing Alumni
      3. Career Development Training
      4. TOEFL Prediction Test

  

2.     Bidang Tracer Study Lulusan dan Penggunan Lulusan

Tracer study adalah studi pelacakan jejak lulusan/ alumni yang dilakukan 2 (dua) tahun setelah lulus. Tracer study bertujuan untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja, output pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi, proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi, input pendidikan berupa penggalian lebih lanjut terhadap informasi sosiobiografis lulusan. Tracer Study STFB merupakan tracer study yang dilakukan di tingkat Sekolah Tinggi sehingga data yang dikumpulkan dapat digunakan oleh ketua program studi atau pihak manajemen untuk pengembangan kurikulum atau akreditasi.

 

Tracer Pengguna Lulusan merupakan kegiatan yang dilakukan terhadap stake holder pengguna lulusan STFB yang diperoleh berdasarkan database alumni yang kami miliki. Sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas lulusan maka kami membutuhkan beberapa informasi dari pengguna lulusan.

 

3.     Bidang Karir

Kegiatan di bidang Karir ini meliputi:

      1.  Informasi Lowongan Kerja

    Informasi lowongan kerja didapat dari stake holder, alumni dan bursa kerja online

B. Open Rekrutmen

    Open rekrutmen dilaksanakan bekerjasama dengan instansi yang membutuhkan alumni STFB

 C.  Job Fair

Kegiatan ini dilaksanakan satu tahun sekali setelah wisuda semester genap. Perusahaan yang mengikuti kegiatan ini menyediakan booth dan fasilitas rekrutmen yang bekerjasama dengan STFB.

 

Untuk menjembatani pertemuan antara lulusan dengan perusahaan/instansi/industri dilakukan melalui STFB Career & Scholarship Expo. Kegiatan ini rencananya dilaksanakan secara rutin setiap semester, atau beberapa saat setelah wisuda.

 

Perusahaan/instansi/industri yang sedang mencari tenaga kerja dapat menghubungi CDC-STFB untuk memperoleh calon tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan. CDC-STFB juga menyediakan fasilitas rekrutmen seperti penyebaran informasi lowongan kerja terutama ke lingkungan STFB, tes psikologi, tes kesehatan, fasilitas ruang tes dan wawancara, sortir lamaran, dan bursa kerja on line. Bursa kerja online adalah bursa kerja yang memanfaatkan teknologi informasi dalam mempertemukan/ memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dan pemberi kerja/pengguna tenaga kerja (pengusaha) melalui situs web. Bursa kerja online dilakukan oleh CDC-STFB bekerja sama dengan webside IT- STFB.

Untuk informasi hubungi CDC-STFB, Jl Soekarno Hatta no 754 Bandung, telepon 022-7830760/7830749.

Go to top